Sabtu, 26 Oktober 2013

Rangakaian Flip-Flop lmpu Berjalan

Rangkaian Flip-Flop Lampu Berjalan

Berikut contoh rangkaian nya :
Berikut Contoh rangkaian yang pertama yang menggunakan :











1. Battry
2. Resistor
3. Variabele Resistor
4. Electrolytic Capacitor
5. IC 555
6. IC 4017B
7. 8 Lampu LED
Berikut Pengertian dari komponen komponen di atas :
1. Battry
Digunakan untuk mengalirkan aliran listrik atau sebagai input

2. Resistor
Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya

3. Variable Resistor
merupakan resistor yang memiliki nilai hambatan yang dapat berubah-ubah semakin kecil hambatannya semakin cepat lampu berkedip.
4. Electrolic  Capasitor
Digunakan intuk memberri kecepatan kedipan lampu jadi semakin besar tegangan yang di berikan maka semakin lambat lampu berjalan

5. IC 555

Digunakan sebagai sebagai penghasil sinyal clock




6. IC4017B
Berikut bentuk dalam dari IC 4017B

Terdapat 5 D-Flip Flop dan 11 gerbang AND 2 Gerbang OR dan terdapat Not juga cara kinerja IC ini adalah member aliran listrik ke out put secara bergantian .







Cara kinerja :
Rangkaian lampu berjalan diatas menggunakan sepuluh buah led sebagai indicator keluaran. Kecepatan kedipan lampu ditentukan oleh nilai R1, C1 dan VR1. Semakin besar nilai dari ketiga komponen tersebut maka jangka waktu akan semakin lama dan begitu juga sebaliknya. Keluaran dari IC 4017 mempunyai supply arus yang sangat terbatas sehingga anda harus menambahkan rangkaian driver sebagai switching pada arus beban yang lebih besar.Jadi cara kinerja dari rangkaian diatas Anda bisa menggunakan rangkaian apa saja sebagai penghasil sinyal clock tersebut, seperti rangkaian oscillator transistor atau rangkaian astable IC 555. Kemudian untuk mendapatkan keluaran yang mempunyai logika bergilir anda bisa menggunakan IC 4017 yang sering dikenal sebagai Jhonson Counter dan paling sering digunakan pada rangkaian lampu berjalan. IC 4017 mempunyai 10 keluaran yang tercacah secara bergilir.

0 komentar:

Posting Komentar